Wisata tidak bisa lepas dari belanja. Belanja apa? Ya belanja apa saja mulai dari makanan minuman, kerajinan, suvenir dan oleh-oleh lainnya. Berbagai destinasi wisata memang memiliki pasar atau pusat perbelanjaan yang khas. Tentu menjadi hal yang menyenangkan jika kita bisa berbelanja di pasar tersebut, membeli dan membawanya kembali ke rumah untuk oleh-oleh atau keperluan lainnya:

  1. Pastikan kamu membutuhkan apa yang akan kamu beli. Tidak perlu lapar mata.
  2. Pastikan kamu membeli sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan.
  3. Pastikan kamu membeli sesuai dengan selera yang kamu butuhkan. Misalnya terkait dengan bentuk, desain, warna dan lainnya.
  4. Jika kamu ingin membelikan untuk orang lain, misalnya sebagai oleh-oleh, pastikan bahwa kamu membelikan yang sesuai dengan harapan orang yang kamu terima. Kadang bukan nilai barangnya, namun keikhlasan kamu dalam memberikan hal tersebut.
  5. Tentunya pastikan kamu memiliki budget yang sesuai baik kas atau metode pembayaran lainnya.
  6. Di beberapa daerah, mereka tidak menerima pembayaran dalam bentuk kartu apapun. Jangan terlalu memaksakan atau bersikap sok dan menggurui penjual tentang membayar dengan metode non kas.
  7. Jika memang harga pas, maka jangan sekali-kali menawar barang yang akan kamu beli.
  8. Jika bisa ditawar, maka menawarlah dengan harga wajar. Jangan menawar harga terlalu rendah. Kadang penjual hanya memasang profit rendah dan kadang mereka rela menjual dengan harga modal yang mereka keluarkan sebelumnya.
  9. Jika memungkinkan maka lakukan observasi atas barang yang sama di beberapa penjual yang berbeda. Kadang mereka melakukan penawaran harga yang berbeda. Dengan begitu, teman-teman dapat memperoleh harga yang paling murah.
  10. Lakukan percakapan dengan penjual dengan tutur kata yang sopan. Tidak perlu berdebat dengan yang bersangkutan.
  11. Usahakan tidak bertanya terlalu lama tentang satu produk, dan akhirnya tidak beli. Pertama akan hal tersebut akan menghabiskan waktu teman-teman dan penjual. Dan kedua semua orang tidak suka di-php in

 

Demikian, tips dari kita. Semoga berbelanjanya menyenangkan 🙂