Sebagai suatu bangsa, Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Mulai dari zaman prasejarah, zaman kerajaan, zaman penjajahan, zaman perang merebut kemerdekaan sampai sekarang. Sejarah ini yang kaya nan beragam menjadi suatu aset dimana kita seharusnya tahu dan memahami, sehingga kita bangga berbangsa Indonesia. Berbagai bangunan bersejarah tersebar di seluruh penjuru nusantara berupa candi, keraton, museum, bangunan bersejarah dan lainnya. Nah, situs-situs bersejarah tersebut saat ini ada yang menjadi objek wisata. Ini ada beberapa tips yang bisa teman-teman ketahui terkait hal ini:

 

Sebelum Berkunjung

  1. Jika memungkinkan, kamu sudah mencari tahu informasi terkait dengan bangunan bersejarah tersebut. Bangunan bersejarah sejatinya bukan hanya menjadi tempat untuk berfoto ria, namun lebih dari itu ada hal-hal menarik yang bisa dipelajari.
  2. Jika ada buku tamu, maka pastikan teman-teman mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan dengan lengkap, jelas dan benar.

 

Saat Berada di Bangunan Bersejarah

  1. Jagalah ketertiban dan kebersihan bangunan bersejarah. Bangunan ini adalah fasilitas umum, artinya kita berbagi ruang dengan orang lainnya.
  2. Jangan melakukan tindakan vandal dalam bentuk apapun.
  3. Kamu bisa ikut menginformasikan keberadaan bangunan bersejarah ini kepada orang lain baik secara langsung atau melalui media sosial. Makin banyak orang tahu maka kesempatan makin banyak orang akan mengapresiasi bangunan bersejarah akan makin besar.
  4. Jangan melakukan aktivitas yang dilarang di bangunan bersejarah.
  5. Selami apa yang teman-teman lihat dan rasakan. Pasti teman-teman akan lebih bangga menjadi Bangsa Indonesia.

 

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat dan yuk kita ke sering-sering ke tempat-tempat bersejarah!

 

*Tips ini dikembangkan oleh Johar Zauhariy, blacktrailers yang memiliki hobi mengunjungi berbagai galeri seni dan tempat bersejarah