Di beberapa tempat di Indonesia atau luar negeri, terdapat berbagai galeri seni. Galeri-galeri ini yang secara berkala menampilkan/ memamerkan karya seni tertentu baik itu seni lukis, seni patung, seni fotografi, batik dan tenun, benda bersejarah dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, galeri seni banyak ditemui di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah tips ketika teman-teman berkunjung ke galeri seni:

Sebelum Masuk Galeri Seni

  1. Pastikan teman-teman mengetahui tanggal pameran, untuk pameran yang sifatnya temporer hanya untuk periode waktu tertentu. Jangan sampai kita terlewat pameran tersebut.
  2. Pastikan teman-teman mengetahui jam buka dan tutup galeri. Datang terlalu awal bisa memungkinkan galeri belum dibuka. Begitu pula jika teman-teman datang jelang jam tutup, maka bisa saja waktu untuk menikmati karya seni tidak maksimal.
  3. Jika memungkinkan, kamu sudah mencari tahu informasi terkait dengan tema pameran. Ini akan membantu menikmati karya seni yang dipamerkan dengan lebih baik.
  4. Jika pameran berbayar, pastikan teman-teman membayar sesuai dengan ketentuan.
  5. Di banyak galeri seni, teman-teman tidak diperbolehkan membawa tas, topi atau beberapa barang lain. Teman-teman bisa menitipkan di tempat penitipan yang ada.
  6. Jika ada buku tamu, maka pastikan teman-teman mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan dengan lengkap, jelas dan benar.

 

Saat Masuk Galeri Seni

  1. Pastikan teman-teman tidak memenang karya seni. Mayoritas karya seni tidak boleh dipegang.
  2. Jagalah ketertiban dan kebersihan galeri seni. Galeri ini adalah fasilitas umum, artinya kita berbagi ruang dengan orang lainnya.
  3. Jangan melakukan tindakan vandal dalam bentuk apapun.
  4. Jika memotret, pastikan Anda mematuhi aturan yang ada. Beberapa karya seni tidak boleh dipotret dengan menggunakan cahaya flash/ blitz.
  5. Jika di galeri seni itu ada artis, maka jika memungkinkan kamu ikut menyapa atau mengobrol ringan dengan yang bersangkutan. Memberikan ucapan terima kasih atau apresiasi atas karya seni yang dia buat juga bisa memberikan semangat untuk terus berkarya baginya.
  6. Kamu bisa ikut menginformasikan keberadaan pameran dan galeri seni ini kepada orang lain baik secara langsung atau melalui media sosial. Makin banyak orang tahu maka kesempatan makin banyak orang akan mengapresiasi karya seni akan makin besar

 

Saat Keluar Galeri Seni & Pulang

  1. Pastikan teman-teman mengambil barang-barang yang telah dititipkan.
  2. Di beberapa pameran, ada souvenir shop atau bazaar yang terkait dengan tema yang dipamerkan, kamu bisa ikut serta memberi apresiasi dengan membeli barang yang sesuai dan kamu butuhkan.

 

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat dan yuk kita ke sering-sering ke galeri seni!

 

*Tips ini dikembangkan oleh Johar Zauhariy, blacktrailers yang memiliki hobi mengunjungi berbagai galeri seni