Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga memberi dampak terhadap dunia pariwisata Indonesia. Berbagai inisiatif yang berbasis teknologi misalnya pengembangan platform dan aplikasi terkait dibuat baik oleh anak bangsa maupun pegiat teknologi luar negeri yang membuat pariwisata dan aktivitas traveling menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa platform dan aplikasi berbasis teknologi yang bisa teman-teman gunakan/ manfaatkan:

 

TripTrus

TripTrus adalah marketplace trip package. Melalui platform ini, kamu bisa mencari paket wisata ke berbagai daerah di Indonesia dan mendapatkan tawaran dari berbagai trip operator yang berbeda-beda. Dengan demikian, kamu bisa memilih mana trip yang jadwal, tanggal dan harganya sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, platform ini juga menyediakan berbagai informasi pariwisata yang menarik untuk dibaca.

 

Jejakku

Jejakku adalah menyediakan aplikasi mobile agar kita bisa mengatur perjalanan wisata kita. Di dalamnya, Jejakku juga menawarkan berbagai paket wisata yang menarik. Kamu juga bisa ikut share cerita atau foto, yang mana kamu juga akan mendapatkan poin untuk bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik. Jejakku juga mengajak kamu untuk melakukan kegiatan sosial dan lingkungan misalnya berbagi buku untuk anak-anak, membersihkan sampah, kerja bakti atau kegiatan lainnya.

 

Wisata Lokal

Wisata Lokal adalah aplikasi yang memberikan informasi tentang objek wisata di seluruh Indonesia. Aplikasi ini ingin memudahkan wisatawan untuk menemukan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Lokal juga memiliki misi untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada penggunanya untuk terus mencintai Indonesia yang kaya ini.

 

TripAdvisor

TripAdvisor bisa dibilang merupakan panduan utama para pejalan dunia untuk menemukan tempat-tempat yang seru untuk dijelajahi. Di samping itu, kita juga bisa menemukan hotel, penerbangan, serta restoran sesuai dengan keinginan kita. TripAdvisor ini ingin menjadi platform wisata utama dengan menyediakan informasi wisata yang sangat lengkap. Kamu juga bisa ikut serta memberikan komen atau ulasan akan objek wisata tertentu yang kamu kunjungi. Ulasanmu akan berguna untuk para pejalan yang lain.

 

WeTravel

WeTravel adalah platform dimana kamu bisa menemukan paket trip di seluruh dunia yang dikelola oleh personal atau grup. Kamu juga bisa membuat paket wisata sendiri yang bisa kamu jual kepada wisatawan atau pejalan dari seluruh dunia. Secara fungsi, platform ini seperti hampir sama seperti TripTrus, namun bedanya ketika kamu membayar trip di sini, maka kamu membayar melalui WeTravel, yang lantas kemudian diteruskan ke pengelola atau panitia trip yang kamu beli.