Pada Selasa malam, 23 Mei 2017 terjadi kebakaran yang melanda Kampung Cisaban, RT 02 RW 02, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

 

Akibat kebakaran tersebut, sekitar rumah habis rata dengan tanah tidak bersisa. Kebakaran diduga terjadi dari tempat pengolahan gula aren yang akhirnya merambat ke permukiman warga. Api terbilang sangat cepat, dalam jangka waktu satu jam rumah-rumah habis dimakan api.

 

Akibat bencana ini:

  1. 84 rumah terbakar dan rata dengan tanah
  2. 100 lumbung padi terbakar habis
  3. sekitar 105 kepala keluarga dengan total warga harus mengungsi ke kampung-kampung yang ada di dekatnya

 

Yang jelas bencana ini menimbulkan kerugian baik finansial, non finansial dan sosial. Masyarakat setempat dibantu oleh pihak berwenang seperti Pihak BPDP Lebak, TNI dan Polri bergotong royong dalam bencana ini.

 

‘Kebakaran yang meratakan rumah-rumah warga’

 

Tentang Geo-Care

Geo-Care adalah satu program komunitas Jalan-Jalan Baik. Program ini dilakukan setahun sekali dan tahun ini adalah tahun ketiga. Pada tahun-tahun sebelumnya kami mengadakan kegiatan berbagi menu sahur dan buka puasa Ramadhan serta kegiatan bersama puluhan anak-anak yatim piatu.

 

Tahun ini, kami ingin mengajak seluruh travellers dan masyarakat umum untuk membantu teman-teman dan keluarga kita yang ada di Baduy baik berupa:

  1. Donasi finansial yang bisa ditransfer ke rekening panitia atau diserahkan langsung saat hari H acara, Minggu 4 Juni 2017. Donasi finansial ini nantinya 100% akan diserahkan kepada pengurus kampung (jaro) bersangkutan. Donasi ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan kembali rumah-rumah warga. Perlu diketahui bahwa pembangunan rumah warga Baduy menggunakan bahan-bahan yang diambil dari alam sekitarnya, namun ada beberapa material yang memang dibeli dari daerah luar
  2. Donasi berupa barang yakni berupa baju baik baju second hand yang layak pakai maupun baru. Baju-baju ini baik itu untuk anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Baju non tradisional memang digunakan oleh warga Baduy Luar dalam kesehariannya. Jika memungkinkan baju, selimut dll tersebut dicuci terlebih dulu dan dikemas secara rapi. Baju-baju ini nantinya akan dicuci dan diserahkan kepada warga sana yang membutuhkan.

 

Mari bantu mereka membangun kembali rumahnya 🙂

 

Charity Yoga: Love for Baduy

Kami juga akan menyelenggarakan charity yoga bertajuk Charity Yoga: Love for Baduy. Acara ini adalah berupa seri olahraga yoga sore hari sekaligus sebagai kegiatan amal pengumpulan donasi bagi program ini. Yoga akan dipandu oleh yogi profesional dan berpengalaman. Acara ini akan diselenggarakan pada:

 

Minggu, 4 Juni 2017

16.00-18.30 WIB

Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat

 

Acara ini terbuka untuk siapa saja terbatas untuk 30 peserta dan tidak dipungut biaya. Bagi yang berminat, silahkan untuk menghubungi contact person acara. Tika: +62 857-2737-2424​⁠​

 

Agenda acara:

03.30-04.00 PM               Persiapan sembari melihat slide show

04.00-04.10 PM               Pembukaan dan games

04.10-04.30 PM               Sharing session tentang yoga

04.30-05.30 PM               Sesi yoga at the park

05.30-05.50 PM               Penutupan dan foto bersama

05.50-06.30 PM               Buka puasa bersama

 

Bagi yang berminat, silahkan untuk membawa:

  1. Yoga mat. Panitia tidak menyediakan yoga mat
  2. Makanan dan minuman untuk potluck buka puasa bersama
  3. Donasi baik finansial ataupun baju second hand/ baru

 

Donasi uang:

Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut:

Rekening Mandiri No. 135 000 799 5481

a.n. Kartika Yustisia

 

Untuk memudahkan tracking, silahkan untuk memberikan kelebihan 33 rupiah sebagai kode transfer. Misalnya kamu ingin menyumbang sejumlah 100.000 maka silahkan transfer sejumlah 100.033

 

Silahkan untuk memberikan konfirmasi kepada contact person acara ini:

Tika: +62 857-2737-2424​⁠​

melalui SMS/ whatsapp message