Merdeka.com – Kementerian Perindustrian dan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) terus mendorong perajin yang produknya mampu bersaing dalam kompetisi global. Salah satu bentuk apresiasi adalah dengan memberikan penghargaan. Apresiasi itu diharapkan dapat meningkatkan iklim kompetitif yang mendorong lahirnya inovasi produk baru di bidang kerajinan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Inacraft Award menjadi bentuk penghargaan terhadap karya perajin Indonesia.

Ajang itu juga untuk meningkatkan pemahaman para perajin dalam menciptakan produk kerajinan khas Indonesia yang berkualitas sehingga dapat diterima oleh pasar global.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan Inacraft Award 2018 ini, yang mendorong munculnya produk-produk kerajinan unggulan,” kata Airlangga usai memberikan penghargaan Inacraft Award 2018, di Jakarta¬† Convention Center, Jumat (27/8).

 

Menurut dia, sebuah produk bisa dikatakan unggulan bila memiliki desain menarik, inovasi, berciri khas, dan mencerminkan kearifan lokal daerah di Indonesia. Dan yang tak kalah penting adalah berorientasi pasar.

“Saya minta para perajin untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing,” ujarnya.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih yang juga menjadi salah satu Dewan Juri Inacraft Award 2018 menambahkan bahwa para perajin perlu didukung untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Inacraft Award dapat menjadi sarana bagi perajin khusunya IKM dalam meningkatkan keterampilan, menambah wawasan dan berinovasi terutama dengan menggunakan sumber daya alam yang banyak tersebar di Indonesia,” tutur Gati.

Sedikitnya ada 100 produk dipilih oleh hakim profesional yang telah menerima Certificate of Excellence dari UNESCO sejak keterlibatan Asephi dalam program ini. Total ada tujuh kategori produk kerajinan yang akan dievaluasi, yaitu keramik, serat alami, tekstil, kayu, batu, logam, dan bahan lainnya.

Dari tujuh kategori ini, produk terbaik akan dipilih untuk menerima Inacraft Award dan penghargaan khusus untuk Muncul Produk. “Produk kerajinan pemenang Inacraft Award harus dapat dipasarkan dan berpotensi untuk memasuki pasar internasional,” kata Gati.

Berikut daftar peraih penghargaan tersebut.

Asephi Emerging Award 2018.
1. Rosyid Akhmadi
2. Raden Asyfa Fuadi
3. Dessy Esterina

Kategori keramik.
Juara 1 : Poci Teh Set Ungu Pelangi
Juara 2 : AU Natural Set
Juara 3 : Teko dan Cangkir Ketupat

Kategori Natural Fibers
Juara 1 : Sajojo Basket
Juara 2 : Sobe Basket with Bamboo Handle
Juara 3 : Lentera Lamp

Kategori Textiles
Juara 1 : Syal Ginjing Bunga Ilalang
Juara 2 : Avilla Ecotik
Juara 3 : Songket Limar Pewarna Alami

Kategori Wood
Juara 1 : Tas Kayu
Juara 2 : “Gaia” Wood and Rattan Box
Juara 3 : Clutch Kayu Motif Tenun Sumba

Kategori Stone
Juara 1 : Green India Alradia Neckles
Juara 2 : Balance Crystal
Juara 3 : Shampoo/Soap Container

Kategori Metal
Juara 1 : Hanging Lamp Brass Nut Silver
Juara 2 : Bross Mutiara
Juara 3 : Etniq Jewelry-Peranakan Re Design

Kategori Other Natural Materials.
Juara 1 : Asta Seam Leass Clutch Back
Juara 2 : Lakanua Concrete Watch
Juara 3 : Cincin dari Limbah Circuit Board Handphone [esy]

 

Article courtesy: Merdeka.com

Photo courtesy: Merdeka.com

Tags :